Monday, July 1, 2013

Pahang Negeri Pertama Larang adakan Tazkirah pada Ramadhan tahun ini

Belum datang Ramadhan lagi Larangan Tazkirah dah Keluar dalam TV



2 comments:

Anonymous said...

Masyallah takutnya pada bayang2 sendiri....

Anonymous said...

Adakah menjadi amalan para ulamak salaf untuk buat tazkirah Ramadhan seperti dilakukan kebanyakan manusia pada zaman ini?

Pada bulan Ramadhan keutamaannya adalah mengkhatam dan membaca al Quran sebagaimana amalan ulamak salaf. Malah kebanyakan ulamak salaf meninggalkan majlis ilmu dan mengfokuskan membaca al Quran. Boleh lihat amalan mereka dalam Kitab Siyar A’lamin Nubala’, di antaranya:

o Dahulu Al-Aswad bin Yazid mengkhatamkan Al-Qur’an pada bulan Ramadhan setiap dua malam, beliau tidur antara Magrib dan Isya’. Sedangkan pada selain bulan Ramadhan beliau mengkhatamkan Al Qur’an selama 6 hari.

o Al-Imam Malik bin Anas jika memasuki bulan Ramadhan beliau meninggalkan pelajaran hadits dan majelis ahlul ilmi, dan beliau mengkonsentrasikan kepada membaca Al Qur’an dari mushaf.

o Al-Imam Sufyan Ats-Tsauri jika datang bulan Ramadhan beliau meninggalkan manusia dan mengkonsentrasikan diri untuk membaca Al Qur’an.

o Said bin Zubair mangkhatamkan Al-Qur’an pada setiap 2 malam.

o Rabi’ bin Sulaiman berkata: Dahulu Al-Imam Syafi’i mengkhatamkan Al-Qur’an pada bulan Ramadhan sebanyak 60 kali, dan pada setiap bulannya (selain Ramadhan) sebanyak 30 kali.

o Waki’ bin Al-Jarrah membaca Al-Quran pada malam bulan Ramadhan serta mengkhatamkannya ketika itu juga dan ditambah sepertiga dari Al Qur’an, shalat 12 rakaat pada waktu dhuha, dan shalat sunnah sejak ba’da zhuhur hingga ashar.

o Al-Imam Muhammad bin Ismail Al-Bukhari mengkhatamkan Al Qur’an pada siang bulan Ramadhan setiap harinya dan setelah melakukan shalat tarawih beliau mengkhatamkannya setiap 3 malam sekal

follow on fb

share

Share |

BLOGGER PERAK

BLOG BLOG PANAS

BLOG PIMPINAN PAS/PR

BLOG MUSLIMAT

Blog Masjid

Blogroll

Archives

Related Posts with Thumbnails

Header bergerak